22 Film Bertema Hacking yang Wajib Kalian Tonton

22 Film Bertema Hacking yang Wajib Kalian Tonton

Hack-Area.info - Apa yang kalian pikir jika saya menyebut kata Hacking dan Hacker. Tentunya kamu akan berpikir tentang orang-orang yang hebat dalam programing komputer.

Kehebatan hacker acap kali disuguhkan pada sebuah film, dimana hal tersebut memukau orang-orang dengan kemampuan programming komputer mereka.

Berikut ini 22 Film Bertema Hacking yang Wajib Kalian Tonton :

1. Hackers

Film yang disutradarai oleh Ralp Winter ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Dude Murphy dengan intelegensi luar biasa. Tahun 1988 dia ditangkap oleh pihak kepolisian kota Seattle karena dianggap telah melakukan tindak kriminal, yaitu menyebarkan virus komputer yang menyebabkan 1.507 sistem crash. Termasuk sistem perdagangan wall street, sehingga saham New York mengalami penuruanan 7 poin. Karena tindakanya ini, keluarganya didenda sebanyak $45.000 dan Dude dijadikan sebagai tahanan rumah dengan masa percobaan 7 tahun. Dia dilarang menggunakan telpon & komputer sampai usianya mencapai 18 tahun.

2. The Matrix

Bercerita tentang seorang hacker bernama Trinity yang dipojokkan di sebuah hotel oleh polisi. Tapi ia dengan mudah berhasil lolos dari kepungan polisi. Dan sebuah kelompok pembunuh dengan baju hitam-hitam dengan kekuatan super, menuntun polisi dalam mengejar Trinity. Tapi Trinity berhasil kabur. Ia bahkan bisa menghilang ketika ia mengangkat telepon di sebuah kotak telepon.

Thomas Anderson adalah seorang programer komputer yang hidup dengan dua identitas. Pertama dengan nama aslinya dan dengan nama hackernya yakni Neo. Dia percaya bahwa ada yang tidak beres dengan dunia ini. Neo mendapatkan pesan yang berulang-ulang yang disebut The Matrix. Trinity memberitahu Neo bahwa seorang lelaki bernama Morpheus bisa menjelaskan apa maksud dari pesan tersebut. Akhirnya Neo bertemu dengan Morpheus yang menyatakan bahwa Neo bisa belajar tentang kebenaran dari realitas dengan menelan sebuah pil merah. Neo akhirnya melakukannya dan ia tiba-tiba bangun di sebuah tempat, dalam keadaan lemas dan telanjang.

3. Live Free or Die Hard

Bercerita tentang seorang detektif bernama John McClane yang diperintahkan untuk membawa Matthew “Matt” Farrell yang menjadi salah satu target dari sebuah perkumpulan para hacker keji yang tega membunuh targetnya. McClane tiba tepat sebelum Matt dibunuh oleh seorang pembunuh bayaran yang diutus oleh Mai Linh. Mai Linh adalah seorang cyber terrorist yang bekerja untuk majikannya, Thomas Gabriel.

4. WarGames: The Dead Code

Seorang ahli komputer bernama Will Farmer yang terlibat dengan super komputer bernama Ripley dalam sebuah game simulasi serangan teroris secara online. Kemudian Will Farmer tahu bahwa dia sedang memainkan game online yang sebenarnya adalah bagian dari sistem canggih spyware pemerintah AS yang dirancang untuk menemukan teroris yang sebenarnya. karena memang komputer ini didesain sebagai komputer kontra teroris maka Ripley akan melakukan prosedur yang telah diprogramkan untuk melindungi dirinya. Will Farmer terditeksi oleh super komputer yang bernama Ripley menjadi teroris sebenarnya, karena dalam permainan game online nya itu, dia mampu menyelesaikan misinya sampai level tertinggi dan pemerintah AS mengerahkan semua pasukannya untuk menangkap Will Farmer. 

5. Track Down

Kehebohan awal yang dilakukan Mitnick adalah dengan membobol komputer sekolahnya. Ia memulai keisengannya “memasuki” komputer lain dengan mendial-nya melalui komputer Radio Shack Tandy dan modemnya di sebuah toko komputer. (kisah nyata Kevin Mitnick)

6. Swordfish

Mengisahkan tentang seorang hacker komputer bernama <em>Stanley Jobson (Hugh Jackman). Ternyata kemampuannya menjebol sistem komputer sering kali disalah gunakan oleh Stanley. Ia sering kali menggunakan kemampuannya sebagai hacker untuk melakukan tindakan ilegal. Sehingga sering kali ia harus masuk keluar dari penjara akibat tindakan hacking ilegalnya tersebut. Hal tersebut membuat hidup Stanley menjadi berantakan. Bahkan istrinya memutuskan untuk berpisah dengannya. Karena ternyata ia sudah tidak tahan lagi hidup dengan Stanley. Tidak cukup sampai disitu saja, istri Stanley juga membawa putri mereka untuk tinggal bersamanya. Karena ia menganggap Stanely tidak akan bisa mengasuh putri mereka. Tanpa perlu waktu lama bagi istri Stanley untuk menikah lagi. Ia kemudian menikahi seorang pria yang merupakan seorang sutradara film porno. Hal tersebut juga tidak lepas karena uang dan biaya yang selalu bisa diberikan oleh pria tersebut.

7. The Net

Film ini menceritakan seorang yang hidup di era informasi dimana teknologi berkembang pesat menjadikan informasi dapat diakses dengan mudah. Angela Bennett yang diperankan oleh Sandra Bullock hidupnya didominasi oleh komputer sebagai alat komnikasi dengan luar lewat internet. Segala apa yang dilakukan atau kebutuhannya dilakukan lewat jaringan internet.

Segala yang dilakukan oleh Angela Bennett memanfaatkan jaringan internet. Mulai memesan pizza, memanggil FedEx untuk mengirim barang, sampai memesan tiket pesawat dilakukan dengan bantuan internet. Dengan begitu Angela Bennett sangat mudah menghubungi rekan kerjanya sekaligus menjalankan pekerjaannya sebagai analis program di Los Angles pada sebuah perusahaan di bagian security internet network.

Namun dari kemudahan yang dijalani oleh Angela Bennett bukan berarti tidak ada resikonya. Tindakan kriminal dunia maya yang biasa disebut cyber crime ini biasa terjadi apabila tidak ada security yang kuat terhadap system di suatu jaringan internet. Angela Bennett mengalami hal tersebut. Berawal dari disket kiriman dari rekannya bernama Dale, dimana disket tersebut berisikan hal yang mencurigakan seperti bug atau celah di security sebuah instansi. Kejahatan terencana mulai menjalankan rencana yang mengakibatkan Dale terbunuh agar celah pada software security tidak menyebar.

8. Who Am I

Film Who Am I (2014) ini diciptakan dengan menceritakan kisah seorang pemuda yang bernama Benjamin (Diperani oleh Tom Schilling). Seorang pemuda yang bernama Benjamin ini memiliki talenta yaitu sangat ahli dalam bidang komputer. Sangking serius dalam bidang komputer, Bejamin tidak memiliki teman di sekolahnya dan Bejamin juga sering dibully oleh teman sekolahnya. Namun, Bejamin diam diam memendam perasaan terhadap temannya yang bernama Hannah Herzsprung.

Saat Bejamin mengoperasikan komputer, Bejamin berkenalan dengan seorang laku laku yang memiliki misi untuk meretas situs situs penting didunia, yaitu Max (Diperani oleh Elyas M’Braek) Max, mulai memanfaatkan Bejamin untuk menjalankan sebuah misi untuk meretas situs di dunia, sehingga usaha berjalan dengan mulus.

9. The Secret History of Hacking

Selama teknologi masih ada, orang-orang tertentu akan mencoba untuk menyalahgunakannya. Itulah cerita yang bisa kita dapatkan dari nama-nama seperti Albert Gonzalez dan Kevin Mitnick. Yang lain kurang jahat seperti yang kita lihat contohnya, Steve Wozniak. The Secret History of Hacking adalah sebuah film dokumenter yang dirilis oleh discovery Channel. Film ini menggali kehidupan beberapa hacker yang paling terkenal yang melewati mata publik. 

10. The Girl with the Dragon Tattoo

The Girl with the Dragon Tattoo menceritakan tentang seorang co-owner dari majalah Millennium, Mikael Blomkvist (Daniel Craig), yang sedang melawan seorang pebisnis korup bernama Hans-Erik Wennerstrom (Ulf Driberg) di pengadilan. Blomkvist pun kalah dan dinyatakan bersalah. Reputasinya hancur dan tabungan miliknya pun hilang. Dengan kondisi ini, ia pergi menemui co-owner Millennium lainnya, yang juga merupakan kekasihnya, Erika Berger (Robin Wright), dan menyatakan keinginannya untuk mengundurkan diri.

Suatu saat Dirch Frode (Steven Berkoff), pengacara dari Henrik Vanger (Christopher Plummer), menemui Dragan Armansky (Goran Visnjic) di markas Milton Security untuk meminta bantuan pada pemeriksaan latar belakang diri dari Blomkvist. Henrik sebelumnya menerima paket misterius berisi bunga kering yang dimasukkan pada sebuah amplop. Pemeriksaan latar belakang ini kemudian dilakukan oleh seorang hacker handal wanita, yang memiliki banyak sekali tattoo dan piercing, Lisbeth Salander (Rooney Mara).

11. We Are Legion: The Story of the Hacktivists

Adalah sebuah film dokumenter yang membawa kita dalam dunia Anonymous, hacker-hacker radikal yang telah merumuskan kembali pembangkangan sipil untuk era digital.

12. Hackers Wanted

Sebenarnya film ini gagal dirilis secara konvensional karena perbedaan pendapat dengan tim produksi pada kualitasnya. Versi film ini akhirnya masuk ke BitTorrent pada tahun 2009 dan sisanya, seperti yang banyak orang katakan, sejarah karena pastilah ada bagian yang tidak muncul pada versi ini. Hacker Wanted merupakan kisah Adriano Lamo, mantan hacker yang menjadi analist keamanan dan sempat menjadi buronan FBI (Federal Bureau of Investigation). Hari-hari setelah itulah yang banyak didokumentasikan pada film ini, berfungsi sebagai gambaran komunitas hacking pada umumnya.

13. Gamer

Bercerita tentang Ken Castle (Michael C. Hall), yang merupakan seorang pengusaha kaya raya yang memiliki teknologi mengendalikan pikiran. Ia memanfaatkannya untuk membuat game online dengan karakter adalah manusia. Game yang diberi nama Slayers ini mendatangkan banyak uang buat Castle namun menyengsarakan para 'budak' yang dijadikan karakter dalam game ini termasuk Kable (Gerard Butler).

14. Sneakers

film tersebut menceritakan tentang suatu organisasi yang kerjaannya adalah menguji suatu keamanan jaringan, di film tersebut menceritakan 2 sahabat yang bernama Martin Brice alias Bishop dan Cosmo yang mencari kotak hitam berisi chip yang dapat membuka keamanan apapun.

15. Blackhat

"Blackhat" bercerita tentang seorang narapidana hacker jenius MIT asal Amerika Serikat bernama Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth) yang bekerja sama dengan seorang agen dari China dan diminta oleh pemerintah untuk memburu hacker misterius yang menyebabkan krisis reaktor nuklir China.

Untuk melacak pelaku kejahatan internet tersebut di berbagai kota di penjuru dunia, mereka harus terbang ke Chicago, Los Angeles, Hong Kong, dan Jakarta. Perburuan mereka akan hacker yang telah melakukan kejahatan ini membawa mereka dari Chicago hingga ke Hong Kong dengan berbagai kejadian yang membahayakan jiwa mereka.

16. Algorithm

Di San Francisco, selama September, 2012, sembilan bulan sebelum Edward Snowden membocorkan dokumen yang membuktikan mata-mata NSA pada setiap orang-Will, seorang hacker komputer freelance mengkhususkan diri dalam membobol sistem yang aman.

Menggunakan lubang keamanan yang ia temukan saat pekerjaan, Will menerobos masuk ke kontraktor pemerintah rahasia dan download semua program mereka baru-baru ini dikembangkan, termasuk mencolok bernama Shepherd. Setiap kali Will mencoba untuk mengakses Shepherd, hal-hal buruk terjadi.

17. Enemy of the State

Bercerita tentang Robert Clayton Dean (Will Smith), seorang pengacara yang bertemu dengan seorang sahabat lamanya di jalan. Sahabatnya ini sedang mendapat kejaran karena mempunyai bukti disk rekaman penting yang sialnya ia selipkan pada Robert saat bertemu dengannya. 

Robert harus menjadi buruan karena rekaman penting tersebut berada ditangannya, ia bertemu dengan Edward Lyle (Gene Hackman), mantan agen rahasia yang telah menjadi broker informasi dan data intelijen. Dengan pertolongan Brill, ia mendapati fakta bahwa disk itu berisi rekaman pembunuhan seorang anggota Kongres (Jason Robard) oleh sekelompok agen NSA yang di bawah perintah seorang politikus korup, Thomas Brian Reynolds (Jon Voight). Thomas yang menjadi penasehat senior NSA itu menginginkan anggota kongres tersebut membantu meloloskan sebuah undang-undang komunikasi yang akan memberi keuntungan besar bagi Thomas.

Namun anggota kongres itu menolak sehingga dibunuh. Oleh Thomas dan para agen NSA korup, pembunuhan tersebut direkayasa sebagai bunuh diri. Robert dan Brill pun berusaha menyampaikan disk tersebut tapi ia harus bertahan dari buruan para politisi korup dan anak buahnya tersebut.

18. Firewall

Secara singkat, film ini bercerita tentang seorang ahli keamanan komputer bernama Jack Stanfield yang bekerja di Landrock Pacific Bank, Seattle. Dia membangun sistem anti-pencurian yang paling efektif di industri perbankan, melindungi bank dari ancaman luar dengan jaringan rumit yang dibangunnya, tracers, access codes, dan firewall. Walau demikian, ada satu kelemahan dalam sistem tersebut yang tidak diperhitungkan oleh Jack, yaitu dirinya sendiri.

19. Real Genius

Bercerita tentang seorang anak muda yang mengembangkan laser tingkat tinggi yang kemudian dicuri oleh gurunya yang sebenarnya untuk senjata militer.

20. Pirates of Silicon Valley

Pirates Silicon Valley ini menceritakan kisah nyata karier seorang Steven Jobs yang mencetus kan Apple Computers Inc. Dan Bill Gates pencetus microsoft. Film ini menceritakan persaingan yang hebat diantara mereka untuk mendapatkan suatu penemuan terhebat yang mereka buat dengan sistem dan cara yang jenius.

21. Boy 7

Film Ini Menceritakan Sebuah Misi Rahasia Dari Sekelompok Pemerintahan Yang mencurangi atas kemenangan Pemilu Dengan begitu kelompok ini satu persatu saingan mereka mulai dibunuh, di suatu tempat rahasia kelompok ini membangun sebuah pelatihan khusus dan merekrut dari orang orang cerdas dan pintar terutama dari kelompok peretas peretas handal singkat cerita ada seseorang bernama sam dengan kekasihnya lara, sam mampu meretas segala bentuk sistem komputer yang ada di dunia mulai dari system cctv, internet, keamanan pemerintah, dan masih banyak lagi, lantas untuk selanjutnya apa yang akan dilakukan sam untuk menyelamatkan kekasihnya dan negaranya tersebut? jika anda penasaran silahkan tonton filmnya di film hollywood "boy 7".

22. Mr. Robot

Film Ini Menceritakan Tentang Remaja Ahli dalam bidang peretasan system komputerisasi sebut saja panggilannya elliot Dia bekerja pada salah satu firma cyber terkemuka didunia dia juga mampu meretas segala bentuk system hingga dia harus brhadapan dengan hacker yang lainnya dan saling serang menyerang dia juga menyukai seorang wanita diperusahaan tersebut, apakah dia mampu menghadapi tantangan tersebut? bagaimana dia bisa mampu berpikir seperti sebuah system komputer? jika anda penasaran silahkan tonton filmnya di "Mr. Robot".

Bonus link buat kalian yang suka banget sama gadget-gadget amazing terbaru:



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
0 Komentar untuk "22 Film Bertema Hacking yang Wajib Kalian Tonton"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top